Wednesday, December 19, 2012

PKN - MASYARAKAT MADANI


ISI BAHASAN
I.                   Definisi
Masyarakat madani adalah masyarakat dimana anggotanya terdiri atas berbagai kelompok berbeda etnis, agama, dan budaya yang dapat hidup dan bekerja sama secara damai serta masyarakat yang setiap anggotanya menghormati, tunduk pada hukum, dan menganggap kedudukan mereka semua sama di mata hukum.

II.                Ciri-ciri (menurut Prof. Dr. A. S. Hikam)
1.      Kesukarelaan
Pribadi yang bebas yang secara sukarela membentuk kehidupan dan komitmen bersama untuk mewujudkan cita-cita bersama

2.      Keswasembadaan
Tidak tergantung pada kehidupan orang lain, negara, lembaga-lembaga, atau organisasi. Mempunyai harga diri yang tinggi yang percaya pada kemampuan sendiri dan bertanggung jawab.

3.      Kemandirian yang tinggi terhadap negara
Tidak tergantung pada perintah orang lain (termasuk negars). Bagi mereka, negara adalah kesepakatan bersama, sehingga tanggung jawab yang lahir adalah juga tuntuan dan tanggung jawab anggota.

4.      Keterkaitan pada nilai-nilai hukum yang telah disepakati bersama
Suatu masyarakat yang  berdasarkan hukum dan bukan negara kekuasaan.

III.             Faktor Pendorong
1.      Kebhinekaan masyarakat
2.      Kehidupan yang demokratis
3.      Hukum yang dijunjung tinggi
4.      Hak-hak warga negara yang diakui dan dilindungi
5.      Masyarakat yang mempunyai etika dan moral tinggi

IV.             Faktor Penghambat
a.       Kualitas SDM yang belum memadai karena pendidikan yang tidak merata.
b.      Masih rendahnya pendidikan politik masyarakat.
c.       Kondisi ekonomi nasional yang belum stabil.
d.      Tingginya angkatan kerja yang belum terserap karena lapangan kerja yang terbatas.
e.       PHK sepihak dalam jumlah besar.
f.       Kondisi sosial politik yang belum pulih paska reformasi
g.      Adanya penguasa politik yang cenderung mendominasi/menguasai masyarakat agar patuh dan taat pada penguasa.
h.      Masyarakat diasumsikan sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan yang baik dibandingkan dengan penguasa (pemerintah)
i.        Adanya usaha untuk membatasi ruang gerak dari masyarakat dalam kehidupan politik.

V.                Karakteristik
Karakteristik masyarakat madani adalah sebagai berikut :
1.      Free public sphere (ruang publik yang bebas), yaitu masyarakat memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik, mereka berhak melakukan kegiatan secara merdeka dalam menyampaikan pendapat, berserikat, berkumpul, serta mempublikasikan informasikan kepada publik.
2.      Demokratisasi, yaitu proses untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi sehingga muwujudkan masyarakat yang demokratis. Untuk menumbuhkan demokratisasi dibutuhkan kesiapan anggota masyarakat berupa kesadaran pribadi, kesetaraan, dan kemandirian serta kemampuan untuk berperilaku demokratis kepada orang lain dan menerima perlakuan demokratis dari orang lain.
3.      Toleransi, yaitu  kesediaan individu untuk menerima pandangan-pandangan politik dan sikap sosial yang berbeda dalam masyarakat, sikap saling menghargai dan menghormati pendapat serta aktivitas yang dilakukan oleh orang/kelompok lain.
4.      Pluralisme, yaitu sikap mengakui dan menerima kenyataan mayarakat yang majemuk disertai dengan sikap tulus, bahwa kemajemukan sebagai nilai positif dan merupakan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
5.      Keadilan sosial (social justice), yaitu keseimbangan dan pembagian yang proporsiaonal antara hak dan kewajiban, serta tanggung jawab individu terhadap lingkungannya.
6.      Partisipasi sosial, yaitu partisipasi masyarakat yang benar-benar bersih dari rekayasa, intimidasi, ataupun intervensi penguasa/pihak lain, sehingga masyarakat memiliki kedewasaan dan kemandirian berpolitik yang bertanggungjawab.
7.      Supremasi hukum, yaitu upaya untuk memberikan jaminan terciptanya keadilan. Keadilan harus diposisikan secara netral, artinya setiap orang memiliki kedudukan dan perlakuan hukum yang sama tanpa kecuali.

No comments:

Post a Comment